Aksi KA KAMMI NTB Peduli Gempa Lombok

0
34

Bencana Gempa yg berulang kali terjadi di Lombok – NTB, telah menghancurkan banyak Hal. Gempa pertama tanggal 29 Juli 2018, 6,4 SR. Kerusakan terparah di daerah sekitar gunung Rinjani. Belum pulih menata dan membantu masyarakat terdampak di sebagian wilayah Kabupaten Lombok Timur, kembali Seminggu kemudian terjadi gempa susulan yang lebih besar lagi jari minggu malam tgl 5 Agustus 2018, 7,4 SR dan perpotensi tsunami, meluluh lantakan kabupaten Lombok Utara dan sebagian di kabupaten Lombok Barat dan Kota Matara.

Gempa susulan tersebut merusak perkantoran, tempat ibadah, dan rumah-rumah penduduk. Lombok Utara hancur hampir 100%, lalu Lotim, Lombok Barat, Mataram, dan Lombok Tengah juga terdampak.

Gempa susulan kembali terjadi hari Kamis siang tanggal 9 Agustus 2018, 6,2 SR dengan pusat gempa di Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara kembali mengguncang dan meluluh lantakan Kabupaten Lombok utara dan Kota Mataram, juga Lombok Barat dan Lombok Tengah pun terdampak.

Dari bangunan fisik yg luluh lantak, hingga trauma mendalam para korban, mereka mengungsi,, tinggal ditenda tenda. Pulau seribu masjid pun berubah menjadi seribu tenda.
Tiada guna dan nyaman hotel dan rumah mewah yang dimiliki. Semua pada akhirnya sama tidur di tenda – tenda.

Sejak hari pertama bencana gempa, KA KAMMI NTB telah menghimpun donasi berupa dana dan barang dari pribadi, anggota dan berbagai pihak. Membangun sinergi untuk bahu membahu menolong saudara kita yang jadi korban.

Adapun Kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh KA KAMMI NTB adalah:

1. Telah menyalurkan donasi tahap pertama berupa paket kebutuhan pokok, terpal dan makanan, pakaian bayi, obat-obatanan bahkan hingga ke daerah yang sulit terjangkau. Seperti, Loloan, Sesait, Sigar Penyalin, di Kabupaten Lombok Utara, desa Guntur Macan di Lombok Barat serta Desa Sembalun lawang di Lombok Timur dan banyak lagi yang lain.

2. Mendirikan Posko bersama untuk bantuan Relawan dan logistik kebutuhan korban.

3. Trauma healing untuk anak-anak korban dan masyarakat.

4. Membangunkan masjid darurat dan sekolah darurat untuk memastikan langsung kegiatan ibadah dan pendidikan bisa terus berlangsung apapun yang terjadi.

Dalam aksinya KA KAMMI NTB berterimakasih kepada Presnas KA KAMMI, PW KAMMI NTB, RKP, YMN, Dan IPCN. Semua donatur, relawan dan sahabat yang telah percaya dan menitipkan donasinya kepada KA KAMMI NTB. (YA/alumnikammi.org).

LEAVE A REPLY