Heru Rahmoyo Erlangga: Alumni KAMMI Sahabat Petani

0
212

Bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab.Kepulauan Mentawai diselenggarakan Pelatihan Petani dan Petugas Penerapan Budidaya dan Teknologi Tanaman Pangan dan Hortikultura. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumatera Barat 25-27 April 2018 dengan topik materi Budidaya Tanaman Pangan, Hortikultura, Kelembagaan Tani serta Teknis Pelaksanaan Sekolah Lapang.

BPTP Balitbangtan menyampaikan materi Budidaya Tanaman Pangan Padi Sawah dan Jagung Sistem Tanam Jajar Legowo 2:1 yang disampaikan oleh Heru Rahmoyo Erlangga,S.TP selaku peneliti dan Laisson Officer (L.O). Acara tersebut dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari perwakilan 7 kelompok tani dan petugas pada 4 kecamatan di Kab.Kep.Mentawai antara lain: Kec. Sipora Utara, Sipora Selatan, Pagai Utara dan Pagai Selatan.

Dalam penyampaian materinya Heru Rahmoyo Erlangga,S.TP memaparkan komponen-komponen teknologi serta keunggulan dan keuntungan dari penggunaan Teknologi Tanam Sistem Jajar Legowo 2:1 dalam budidaya padi sawah serta jagung. Selain itu juga disampaikan teknik pemupukan tepat sasaran, tepat waktu dan tepat takaran serta penanganan pasca panen.

Melalui sesi tanya jawab, salah seorang petani Kec. Sopira Utara Ahmad menyampaikan harapannya agar BPTP Balitbangtan Sumbar dapat melakukan pendampingan intensif terutama dalam budidaya jagung yang masih belum begitu dikenal oleh petani. Selain itu Heri selaku petani muda mengharapkan informasi bagi pemasaran jagung ketika nanti diproduksi secara massal. Selain itu Yondra selaku petugas di Kec. Pagai Selatan berharap adanya bantuan alsintan berupa alat pemipil jagung dari Balitbangtan.

Sosok Heru Rahmoyo Erlangga yang menggunakan (hastag) #herusahabatpetani dikenal dengan pribadi berpenampilan apa adanya, sering tampil dengan icon busana rompi dan menggunakan celana gunung. Heru juga dikenal sebagai Ketua Koordinator Kampus (KORPUS) KAMMI pertama pada Institut Pertanian STIPER Yogyakarta periode 2001-2002 serta Staf Kaderisasi Teritorial KAMMI Wilayah V Yogyakarta-Solo tahun 2003.

Heru juga pernah menjadi penyuluh pertanian di Kabupaten Sijunjung tahun 2007-2010 dan bergabung dengan DPW PPNSI Sumatera Barat sejak 2012 serta saat ini sebagai Peneliti Sistem Usaha Pertanian Balitbangtan Kementerian Pertanian di Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Barat. (hre/alumnikammi.org)

LEAVE A REPLY